3 Kelompok Separatis Bersenjata Kini Bersatu Jadi Tentara West Papua.

Hal itu diungkapkan Bernarda Materay dan Ode Jamal dalam prosiding workshop LPPM Universitas Cenderawasih yang bertajuk “Pertumbuhan nasionalisme Indonesia di antara orang Papua di Jayapura” (PDF). Mereka mengutip dari buku Bilveer Singh yang berjudul Papua Geopolitics and also West papua the Pursuit for Nationhood.

Otto menuturkan, OPM kerap dicap sebagai Gerakan Pengacau Phony yang mengganggu stabilitas Indonesia. Mereka dianggap terpecah-pecah dan tak memiliki arahan yang jelas.

Manuver Politik Erdogan Melalui Alih Fungsi Hagia Sophia

Who Controls West Papua?

The US government managed to engineer a meeting between Indonesia and the Netherlands resulting in the New York Agreement, which in 1962 gave control of West Papua to the United Nations and one year later transferred control to Indonesia.

  • Menurutnya, sekitar 85 persen hutan di Papua masih utuh dan sekitar 90 persen masyarakat adat Papua yang tinggal di atau dekat hutan.
  • Pada akhir Desember 2019, Wakil Bupati Nduga, Wentius Nemiangge memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya.
  • Akibat serangan menggunakan bom fosfor ini, tujuh orang tewas karena luka bakar dan ribuan orang dari Kampung Yal, Yigi dan Mbua mengungsi ke Kabupaten Puncak.
  • Keputusan itu diambil setelah sopir yang juga ajudannya, Hendrik Lokbere, tewas tertembak pada 20 Desember 2019.

Juru bicara ULMWP Jacob Rumbiak mengatakan pembentukan Tentara West Papua itu menyatukan sayap politik, intelijen dan militer menjadi satu kelompok diplomatik yang akan mendorong kampanye kemerdekaan ke depan. Menurut Dr Webb-Gannon, begitu anggota gerakan kemerdekaan bersenjata meningkatkan aktivitas atau lebih banyak muncul di Papua Barat, militer Indonesia akan merespon. Dr Camellia Webb-Gannon, koordinator Proyek Papua Barat di Universitas Wollongong Australia, mengatakan pembentukan Tentara West Papua menandai persatuan yang signifikan antara aktivis politik dan militer.

IzaƤk Samuel Kijne duduk di samping tumpukan batu di kaki bukit Aitumieri, Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat. Saat itu ia memancangkan janji agar bangsa Papua merdeka dan memimpin masa depannya sendiri. Dengan memasukkan nomor ini ke WhatsApp dan mencari fotonya dengan mesin pencari foto Yandex, nomor tersebut terhubung pada akun Facebook, LinkedIn dan akun Freelancer pribadi dari seorang bernama Pera Malinda Sihite. Dia menyebut dirinya sebagai co-founder perusahaan konsultan media sosial InsightID. ” Di Twitter, akun crawler yang diotomasi digunakan untuk mempromosikan dan membagikan konten dari akun utama. Sedangkan di Facebook, mereka membayar iklan Facebook yang menargetkan pengguna di luar Indonesia,” kata Elise.

Integrasi Transportasi, Pemerintah Bentuk Jaklingko Indonesia

Di sana ia mendirikan basis operasional untuk kemerdekaan Papua. Hal itu dicatat Otto Ondawame dalam disertasinya di Australian National College yang bertajuk West Papuan Nationalism as well as the Organisasi Papua Merdeka (OPM) or Free Papua Movement. Kijne menjadi salah satu pijakan perkembangan nasionalisme bangsa Papua.

Author

admin@lassenilsson.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *